Peran Budaya Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Oleh: Yosminaldi, SH. MM

 

Sebagian besar Pemimpin Perusahaan yang sukses, menunjukkan bahwa Budaya Organisasi yang kuat, sangat penting dalam menjalankan proses bisnis perusahaan untuk meraih keberhasilan sesuai visi, misi dan strategi organisasi, karena tiga fungsi penting:

Pertama, Budaya organisasi berpengaruh pada setiap pengambilan keputusan dan perilaku karyawan sehari-hari.

Kedua, Budaya organisasi bekerja sebagai perekat sosial untuk obligasi karyawan bersama-sama dan membuat mereka merasa menjadi bagian yang kuat dari pengalaman organisasi perusahaan, dan  berguna untuk menarik staf baru serta mempertahankan karyawan-karyawan terbaik.

Ketiga, Budaya organisasi sangat berguna bagi karyawan dalam memahami peristiwa & aktifitas organisasi perusahaan, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja karyawan.    

Setiap orang atau karyawan dalam organisasi, memiliki persepsi, nilai dan keyakinan yang berbeda-beda dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan masing-masing. Begitu bergabung dengan organisasi atau perusahaan baru, setiap karyawan membiarkan dirinya ter-internalisasi dengan budaya organisasi untuk mengetahui apakah ia sesuai dan siap dengan budaya perusahaan yang berlaku selama ini atau tidak.

Budaya Organisasi selalu menjadi objek utama penelitian, untuk mecari tahu efek dan dampaknya trhadap kemajuan proses bisnis organisasi. Manajemen Budaya Organisasi yang bagus, memiliki dampak yang mendalam pada kinerja karyawan yang pada akhirnya bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Lebih dari 60 studi penelitian telah dilakukan antara tahun 1990 dan 2007, yang mencakup lebih dari 7600 unit usaha kecil dan perusahaan untuk mengetahui dampak Budaya pada kinerja organisasi (Gallagher, 2008). Hasil dari studi ini sebagian besar menunjukkan hubungan positif antara budaya yang kuat dan peningkatan kinerja. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Budaya Organisasi memiliki dampak positif pada kinerja pekerjaan/karyawan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa setiap individu di organisasi memiliki persepsi budaya yang berbeda dalam setiap menyesuaikan dirinya dengan norma-norma dan nilai-nilai Budaya Organisasi. Penerapan Budaya Organisasi yang baik dan benar, sangat membantu karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efisien dan efektif.

Menurut studi Gallagher 2008, kinerja karyawan berpengaruh besar terhadap peningkatan laba bersih dari organisasi. Perkembangan positifnya adalah, penerapan Budaya Organisasi lebih mudah dilaksanakan, agar semua orang berada pada jalur yang benar di organisasi. Hal ini dapat dilihat dalam studi tertentu, bahwa budaya organisasi yang kuat sangat membantu karyawan baru untuk mengadopsi budaya organisasi, yang ujung-ujungnya meguntungkan peningkatan kinerja perusahaan.

Komitmen karyawan dan kelompok, memainkan peran yang sangat penting untuk mengadopsi nilai-nilai Budaya Organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan perusahaan anda? Apakah perusahaan anda sudah menyusun system, nilai-nilai dan implementasi Budaya Organisasi secara baik dan benar? Ikuti ulasan tentang Budaya Organisasi yang lebih teknis dan komprehensif pada artikel saya berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT 20% MENGHINA AKAL SEHAT PUBLIK Penulis: Dr. Yosminaldi, SH.MM (Pemerhati Politik Berkeadilan)

MENTALITAS & BUDAYA PENEGAKKAN HUKUM BERKEADILAN Oleh: Dr. Yosminaldi, SH.MM (Pemerhati Sospol, Hukum & Ketenagakerjaan)

DILEMMA KEKUASAAN EKSEKUTIF: POLITIK AKOMODATIF VS POLITIK OPOSISI Penulis: Dr. Yosminaldi, SH.MM (Pemerhati Politik, Demokrasi & Hukum)