Peran Budaya Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Oleh: Yosminaldi, SH. MM
Sebagian besar Pemimpin Perusahaan
yang sukses, menunjukkan bahwa Budaya Organisasi yang kuat, sangat penting
dalam menjalankan proses bisnis perusahaan untuk meraih keberhasilan sesuai
visi, misi dan strategi organisasi, karena tiga fungsi penting:
Pertama, Budaya
organisasi berpengaruh pada setiap pengambilan keputusan dan perilaku karyawan sehari-hari.
Kedua, Budaya
organisasi bekerja sebagai perekat sosial untuk obligasi karyawan bersama-sama
dan membuat mereka merasa menjadi bagian yang kuat dari pengalaman organisasi perusahaan,
dan berguna untuk menarik staf baru serta
mempertahankan karyawan-karyawan terbaik.
Ketiga, Budaya
organisasi sangat berguna bagi karyawan dalam memahami peristiwa &
aktifitas organisasi perusahaan, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja
karyawan.
Setiap orang atau karyawan dalam
organisasi, memiliki persepsi, nilai dan keyakinan yang berbeda-beda dalam melaksanakan
tugas dan pekerjaan masing-masing. Begitu bergabung dengan organisasi atau
perusahaan baru, setiap karyawan membiarkan dirinya ter-internalisasi dengan
budaya organisasi untuk mengetahui apakah ia sesuai dan siap dengan budaya
perusahaan yang berlaku selama ini atau tidak.
Budaya Organisasi selalu menjadi
objek utama penelitian, untuk mecari tahu efek dan dampaknya trhadap kemajuan proses
bisnis organisasi. Manajemen Budaya Organisasi yang bagus, memiliki dampak yang
mendalam pada kinerja karyawan yang pada akhirnya bisa meningkatkan
produktivitas dan kinerja organisasi secara keseluruhan.
Lebih dari 60 studi penelitian telah dilakukan
antara tahun 1990 dan 2007, yang mencakup lebih dari 7600 unit usaha kecil dan
perusahaan untuk mengetahui dampak Budaya pada kinerja organisasi (Gallagher,
2008). Hasil dari studi ini sebagian besar menunjukkan hubungan positif antara
budaya yang kuat dan peningkatan kinerja. Berdasarkan penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa Budaya Organisasi memiliki dampak positif pada kinerja
pekerjaan/karyawan.
Penelitian lain menunjukkan bahwa
setiap individu di organisasi memiliki persepsi budaya yang berbeda dalam
setiap menyesuaikan dirinya dengan norma-norma dan nilai-nilai Budaya
Organisasi. Penerapan Budaya Organisasi yang baik dan benar, sangat membantu
karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efisien dan efektif.
Menurut studi Gallagher 2008, kinerja
karyawan berpengaruh besar terhadap peningkatan laba bersih dari organisasi.
Perkembangan positifnya adalah, penerapan Budaya Organisasi lebih mudah dilaksanakan,
agar semua orang berada pada jalur yang benar di organisasi. Hal ini dapat dilihat
dalam studi tertentu, bahwa budaya organisasi yang kuat sangat membantu
karyawan baru untuk mengadopsi budaya organisasi, yang ujung-ujungnya
meguntungkan peningkatan kinerja perusahaan.
Komitmen karyawan dan kelompok,
memainkan peran yang sangat penting untuk mengadopsi nilai-nilai Budaya
Organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana
dengan perusahaan anda? Apakah perusahaan anda sudah menyusun system,
nilai-nilai dan implementasi Budaya Organisasi secara baik dan benar? Ikuti
ulasan tentang Budaya Organisasi yang lebih teknis dan komprehensif pada artikel
saya berikutnya.
Komentar
Posting Komentar